Metode survei yang digunakan dalam teknik survei ini adalah :
· Wawancara
Wawancara yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh kelengkapan informasi langsung dari narasumber berkaitan dengan permasalahan perencanaan yang ada wilayah studi.
Wawancara yang disusun dispesifikasikan menjadi wawancara aspek historis, wawancara aspek produksi, wawancara aspek finishing, dan wawancara aspek pemasaran ukir relief dan pemasaran di daerah etalasenya.
Narasumber yang akan diwawancarai antara lain terdiri dari :
a. Tokoh masyarakat yang ada di Desa Senenan
Wawancara dalam aspek historis seni ukir relief. Narasumber yang diwawancarai sebanyak 2-3 orang.
b. Tenaga kerja industri ukir dan relief
Wawancara dalam bidang produksi, finishing, dan pemasaran dengan jumlah narasumber yang akan diwawancarai sebanyak 20 orang untuk masing-masing bidang wawancara.
c. Tenaga kerja industri meubel di daerah etalase
Wawancara dalam bidang finishing dan pemasaran dengan jumlah narasumber yang akan diwawancarai sebanyak 20 orang untuk masing-masing bidang wawancara.
d. Tenaga kerja industri meubel di lokasi industri
Wawancara dalam hal pemasaran produk seni ukir dengan jumlah narasumber yang akan diwawancarai sebanyak 20 orang.
e. Pengusaha industri ukir relief
Wawancara dalam hal produksi, dan pemasaran produk seni ukir relief dengan jumlah narasumber yang akan diwawancarai sebanyak 15 orang pada masing-masing bidang.
f. Pengusaha meubel di daerah etalase
Wawancara dalam hal pemasaran seni ukir dengan jumlah narasumber yang akan diwawancarai sebanyak 15 orang pada masing-masing bidang.
Instrumen yang digunakan untuk kegiatan wawancara ini adalah form daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada responden. Pertanyaan-pertanyaan disesuaikan dengan kebutuhan data setiap wilayah amatan. Hasil dari wawancara ini kemudian akan dikumpulkan dalam tiap-tiap bahasan yang sesuai untuk kemudian diolah dan dianalisis. Berikut merupakan lampiran wawancara
Kode : 02/1/....
Tempat :
FORM WAWANCARA
Tokoh masyarakat dan Pengusaha Ukir
Aspek Historis Seni Kerajinan Relief
Nama :
Pekerjaan :
1. a. Sudah berapa lama Anda bekerja sebagai menjadi pengusaha relief di Desa Senenan?
b. Sudah berapa lama Anda tinggal di Desa Senenan (tokoh masyarakat)?
2. Sudah berapa lama Anda bekerja sebagai menjadi pengusaha relief di Desa Senenan?
3. Menurut Anda, bagaimana sejarah seni ukir relief di Kabupaten Jepara, apakah merupakan warisan yang berjalan secara turun temurun?
4. Menurut sepengetahuan Anda, bagaimana kerajinan relief di Desa Senenan ini muncul? Apa saja faktor-faktor yang mendukung munculnya kerajinan relief tersebut?
5. Bagaimana sejarah seni relief di Desa Senenan ini, apakah juga merupakan warisan secara turun temurun hingga saat ini? Ataukah sudah melalui inovasi-inovasi dalam keterampilan mengukirnya?
6. Pada mulanya, jenis relief seperti apa saja yang dibuat oleh para pengrajin pendahulu?Alat apa saja yang digunakan untuk membuat kerajinan relief pada saat itu?
7. Apakah para pengrajin seni relief ini belajar ukir relief secara otodidak atau belajar dari orang lain?
8. Menurut Anda, bagaimana perkembangan kerajinan seni relief hingga saat ini?
9. Apa saja jenis relief yang ada saat ini? Dan jenis apa saja yang paling diminati oleh pembeli?
10. Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan seni ukir relief?
FORM WAWANCARA
SIKLUS PERDAGANGAN DI DESA SENENAN
Nama :
Pekerjaan :
Usia :
A. Produksi
1. Bagaimana proses pembuatankerajinanmebel/ukir?
2. Di manasajadaerahpenyediabahanbaku? Bagaimanaprosesnya? Berapa lama periodepengirimanbahanbaku?
3. Dari manasajapembuatanseniukir/ kerajinanmebel? Berapa volume bahanbaku?
4. Darimanaasalpekerja? Apakahdaridalamdaerah/luardaerah?
5. Apajenisproduk yang paling banyakdiminati?
6. Bagaimana proses pengepakkanhasilproduksinya?
7. Rata-rata tokomeubel yang adamerupakanmilikpribadiatautidak?
8. MengapaDesaSenenandapatmenjadidaerahetalase?
B. Penyimpanan
1. Apakah setiap toko memiliki gudang penyimpanan stok produksi?
2. Apakah semua hasil produksi yang dsimpan di gudang sudah siap untuk dipasarkan atau masih perlu finishing?
C. Pemasaran
1. Dijual/dipasarkankemanasajahasilproduksinya?
2. Berapabanyak yang dijual?
3. Berapa lama periodepengirimanhasilproduksi? Berapabiayapengirimannya?
4. Bagaimanapengirimanhasilproduksi/bahanbakukedaerahetalase/pembuatanseniukirmaupunmebel?
5. Berapa rata-rata penjualan per bulan?
6. Darimanasaja asalpembeli?
7. Berapaomzet per bulan?
8. Apakendala yang seringmunculdalamdistribusiproduk?
JUSTIFIKASI MEMILIH TEMPAT SURVEI
Tempat survei wawancara dengan perajin relief terletak pada gang di depan perumahan dokter. Karena tempat tersebut merupakan satu-satunya di Kabupaten Jepara sebagai tempat perajin seni ukir relief.
Tempat survei wawancara kedua yaitu dengan pemilik toko mebel, maupun karyawan yang terletak di sekitar pertigaan Jalan Citrsomo. Pemilihan daerah tersebut dipengaruhi oleh banyaknya toko yang memasarkan mebel dan dengan jangkauan toko yang cukup luas.