Minggu, 08 Mei 2011

BAB IV RENCANA KERJA

1.1.             Jawal Waktu Kegiatan
1.1.1.       Rundown
Tabel IV.1
Rundown Kegiatan Lapangan Kelompok 4

4.1.2.     Timeline
                Rencana kerja studio merupakan acuan dalam mata kuliah studio proses perencanaan. Tahap demi tahap yang ada dalam rencana kegiatan terdiri dari persiapan studi, penyusunan desain survei, proposal teknis, survei lapangan dan penyusunan laporan akhir. Rangkaian rencana kegiatan dimulai dari tahapan pra survei, survei lapangan dan pasca lapangan.

4.2.         Alokasi atau Mobilitas Personal dalam Kelompok
4.2.1      Susunan Keanggotaan
                Susunan keanggotaan ini terbagi menjadi 2, yaitu tugas setiap anggota kelompok dalam melakukan tugas-tugas yang berlangsung selama Studio Proses Perencanaan berlangsung semenjak dari pra lapangan dan pasca lapangan, serta tugas setiap anggota ketika di lapangan. Berikut tabel susunan keanggotaan dari kelompok 4 kelas B, yaitu:
Tabel IV.3
Susunan Keanggotaan Kelompok 4 Kelas B Studio Proses Perencanaan 2011

No.
Nama
NIM
Jabatan
1
Rakyan Paksi
L2D009022
Ketua
2
Mustovia Azahro
L2D009014
Sekretaris
3
Fransisca Situmorang
L2D009074
Sekretaris
4
Ratika Tulus
L2D009020
Bendahara
5
Melisa Grace
L2D009122
Bendahara
6
Syamsu Rizal Hendarto
L2D009064
Konseptor
7
Bagas Satria
L2D009046
Koordinator Survey Lapangan
8
Arion januar
L2D009116
Koordinator Survey Instansi
9
Vega Kirana
L2D009032
Koordinator Wawancara
10
Inka Angela
L2D009128
Penanggung Jawab Blog
11
Aphrodita Puspateja
L2D009048
Penanggung Jawab Blog
Koordinator Kesehatan
12
Mita Natalia
L2D009062
Koordinator Konsumsi
13
Ivandi P. Hasibuan
L2D009030
Koordinator Transportasi
                Sumber: Analisis Kelompok 4 Studio Proses Perencanaan, 2011

Tabel IV.4
Tugas Lapangan Kelompok 4 Kelas B Studio Proses Perencanaan 2011

No
TIM
Nama
NIM
Jabatan
1
1
Bagas Satria
L2D009046
Koordinator
2
Arion januar
L2D009116
Pemetaan
3
Ratika Tulus
L2D009020
Dokumentasi
4
Inka Angela
L2D009128
Dokumentasi
5
2
Rakyan Paksi
L2D009022
Koordinator
6
Ivandi Pratama
L2D009030
Pemetaan
7
Mustovia Azahro
L2D009014
Dokumentasi
8
Fransisca S
L2D009074
Dokumentasi
9
3
Syamsu rizal
L2D009064
Koordinator
10
Aphrodita Puspateja
L2D009048
Pemetaan
11
Vega Kirana
L2D009032
Dokumentasi
12
Melisa Grace
L2D009122
Dokumentasi
13
Mita Natalia
L2D009062
Dokumentasi
                                Sumber: Analisis Kelompok 4 Studio Proses Perencanaan, 2011

4.3.         Organisasi Kerja
4.3.1.     Pembagian Wilayah Survey Primer
·           Wilayah Studi Amatan I       : Daerah Pemasaran Meubel
          Jl. Jepara- Kudus radius 100 meter dari pertigaan jalan citrosomo dan jalan Jepara- Kudus
·           Wilayah Studi Amatan II     : Pengrajin Ukiran Relief
         Sepanjang jalan penghubungn RT.01, 02, dan 05, Desa  Senenan
·           Wilayah Studi Amatan III    : Finishing dan Penyimpanan meubel
                                                 
4.3.2.     Pembagian Tugas
 Koordinator Penyusunan Proposal Teknik
·           Bab I Pendahuluan               
1.       Bagas Satria Anggriawan
2.       Syamsu Rizal Hendarto
·           Bab II Profil Desa Senenan, Kecamatan Tahunan
1.    Inka Angela
2.    Vega Kirana
3.    Aphrodita Puspateja
4.    Rakyan Paksi
5.    Melisa Grace
·           Bab III Rancangan Kegiatan
1.    Mustovia Azahro
2.    Arion Januar
3.    Fransisca Situmorang
4.    Ratika Tulus


·           Bab IV Rencana Kerja
1.       Mita Natalia
2.       Ivandi Pratama

4.3.3. Perlengkapan Survey
4.3.3.1. Transportasi
·         Mobil          : Mita    à Paksi, Mita, Aphrodita
·         Motor         :
-          Paksi            à Samsu, Icha
-          Ratika`        à Vega,Ratika
-          Ovi               à Arion, Ovi
-          Bagas          à Bagas, Inka
-          Citong         à Ivandi, Sisca

4.3.3.2. Peralatan Survey
1.       Kamera                      =  Ratika, Inka, Syamsu
2.       Handycam                 =  Aphrodita
3.       P3K                              =  Aphrodita
4.       Form.Wawancara 
5.       Papan Jalan              =  Paksi, Mita, samsu

4.3.3.3. Perlengkapan individu
-          Baju untuk 5 hari
-          Jaket HM
-          Pakaian rapi (baju kerah)
-          Sepatu, sendal
-          Alat sholat
-          Alat mandi
-          Senter
-          Obat pribadi
-          Obat nyamuk, autan dan sejenisnya
-          Nametag
-          Peralatan makan
-          Camilan

4.3.3.4. Perlengkapan kelompok
-          Rol kabel                                    = Inka, Ovi
-          Kertas A4 HVS                         = Inka
-          Printer                                        = Bagas
-          Laptop                                        = Aphrodita, Melisa,Inka, Mustovia, Arion
-          Tikar                                            = Paksi
-          Galon Kosong                          = Aphrodita
-          Pompa galon                            = Mita
-          Hitter                                          = Mita
-          Mie instan 1 kardus               = Ivandi
-          Kopi                                             = Inka
-          Alat kantor                                = Ratika, Ovi
1.4.             Etika Kelompok
                Kode etik ini digunakan untuk mengikat dan mengatur setiap anggota kelompok dalam melaksanakan seluruh kegiatan studio proses perencanaan sehingga kegiatan tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. Kode etik Kelompok 4, yaitu:
1.    Maksimal keterlambatan 15 menit setelah waktu pertemuan kelompok yang telah ditentukan (kecuali ada alasan yang jelas dan logis);
2.    Dilarang absen dalam kerja kelompok tanpa izin yang jelas;
3.    Dilarang meninggalkan/menelantarkan kelompok ketika kerja kelompok tanpa izin;
4.    Dilarang mengerjakan tugas mata kuliah lain atau mengerjakan suatu hal yang tidak berhubungan dengan studio proses perencanaan;
5.    Membayar uang kas kelompok sebesar Rp 5.000,- per orang tiap minggu;
6.    Jika tidak hadir tanpa memberikan alasan yang jelas maka diberikan sanksi yaitu pembayaran sebesar Rp. 5.000,-  ke bendahara kelompok;
7.    Semua anggota wajib membayar kas kelompok tepat waktu;
8.    Semua anggota wajib melaksanakan job desk yang telah dibagi;
9.    Semua anggota wajib mematuhi kode etik kelompok 4;
10. Anggota yang melanggar kode etik akan mendapatkan konsekuensi  sesuai kesepakatan kelompok.
1.5.             Standar Kerja
                Standar kerja diperlukan agar dalam pelaksanaan kegiatan lapangan lebih terstruktur dan fokus sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif dan afektif. Berikut merupakan standar kerja kelompok 4:
  1. Setiap mengadakan pertemuan rutin membahas dan mengerjakan tugas minimal 2 jam dan maksimal 8 jam;
  2. Pada pelaksanaan survei lapangan tiap kelompok kerja harus membawa peralatan dan kelengkapan survei seperti helm, kamera, form wawancara, alat tulis dan lain-lain;
  3. Pembatasan jam kerja dalam kegiatan lapangan adalah 8 jam untuk survei lapangan dan 2 jam untuk evaluasi hasil survei;
  4. Setiap anggota kelompok wajib kembali ke basecamp pada jam 5 sore;
  5. Setiap anggota kelompok wajib lapor pada ketua apabila akan meninggalkan basecamp dengan keterangan atau alasan yang jelas;
  6. Waktu istirahat baik survei maupun pertemuan rutin maksimal 1 jam;
  7. Dalam kegiatan evaluasi setiap anggota kelompok harus melaporkan hasil kegiatan survei dan mengisi checklist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar