1.1. Jawal Waktu Kegiatan
1.1.1. Rundown
Tabel IV.1
Rundown Kegiatan Lapangan Kelompok 4
4.1.2. Timeline
Rencana kerja studio merupakan acuan dalam mata kuliah studio proses perencanaan. Tahap demi tahap yang ada dalam rencana kegiatan terdiri dari persiapan studi, penyusunan desain survei, proposal teknis, survei lapangan dan penyusunan laporan akhir. Rangkaian rencana kegiatan dimulai dari tahapan pra survei, survei lapangan dan pasca lapangan.
4.2. Alokasi atau Mobilitas Personal dalam Kelompok
4.2.1 Susunan Keanggotaan
Susunan keanggotaan ini terbagi menjadi 2, yaitu tugas setiap anggota kelompok dalam melakukan tugas-tugas yang berlangsung selama Studio Proses Perencanaan berlangsung semenjak dari pra lapangan dan pasca lapangan, serta tugas setiap anggota ketika di lapangan. Berikut tabel susunan keanggotaan dari kelompok 4 kelas B, yaitu:
Tabel IV.3
Susunan Keanggotaan Kelompok 4 Kelas B Studio Proses Perencanaan 2011
No. | Nama | NIM | Jabatan |
1 | Rakyan Paksi | L2D009022 | Ketua |
2 | Mustovia Azahro | L2D009014 | Sekretaris |
3 | Fransisca Situmorang | L2D009074 | Sekretaris |
4 | Ratika Tulus | L2D009020 | Bendahara |
5 | Melisa Grace | L2D009122 | Bendahara |
6 | Syamsu Rizal Hendarto | L2D009064 | Konseptor |
7 | Bagas Satria | L2D009046 | Koordinator Survey Lapangan |
8 | Arion januar | L2D009116 | Koordinator Survey Instansi |
9 | Vega Kirana | L2D009032 | Koordinator Wawancara |
10 | Inka Angela | L2D009128 | Penanggung Jawab Blog |
11 | Aphrodita Puspateja | L2D009048 | Penanggung Jawab Blog |
Koordinator Kesehatan | |||
12 | Mita Natalia | L2D009062 | Koordinator Konsumsi |
13 | Ivandi P. Hasibuan | L2D009030 | Koordinator Transportasi |
Sumber: Analisis Kelompok 4 Studio Proses Perencanaan, 2011
Tabel IV.4
Tugas Lapangan Kelompok 4 Kelas B Studio Proses Perencanaan 2011
No | TIM | Nama | NIM | Jabatan |
1 | 1 | Bagas Satria | L2D009046 | Koordinator |
2 | Arion januar | L2D009116 | Pemetaan | |
3 | Ratika Tulus | L2D009020 | Dokumentasi | |
4 | Inka Angela | L2D009128 | Dokumentasi | |
5 | 2 | Rakyan Paksi | L2D009022 | Koordinator |
6 | Ivandi Pratama | L2D009030 | Pemetaan | |
7 | Mustovia Azahro | L2D009014 | Dokumentasi | |
8 | Fransisca S | L2D009074 | Dokumentasi | |
9 | 3 | Syamsu rizal | L2D009064 | Koordinator |
10 | Aphrodita Puspateja | L2D009048 | Pemetaan | |
11 | Vega Kirana | L2D009032 | Dokumentasi | |
12 | Melisa Grace | L2D009122 | Dokumentasi | |
13 | Mita Natalia | L2D009062 | Dokumentasi |
Sumber: Analisis Kelompok 4 Studio Proses Perencanaan, 2011
4.3. Organisasi Kerja
4.3.1. Pembagian Wilayah Survey Primer
· Wilayah Studi Amatan I : Daerah Pemasaran Meubel
Jl. Jepara- Kudus radius 100 meter dari pertigaan jalan citrosomo dan jalan Jepara- Kudus
· Wilayah Studi Amatan II : Pengrajin Ukiran Relief
Sepanjang jalan penghubungn RT.01, 02, dan 05, Desa Senenan
· Wilayah Studi Amatan III : Finishing dan Penyimpanan meubel
4.3.2. Pembagian Tugas
Koordinator Penyusunan Proposal Teknik
· Bab I Pendahuluan
1. Bagas Satria Anggriawan
2. Syamsu Rizal Hendarto
· Bab II Profil Desa Senenan, Kecamatan Tahunan
1. Inka Angela
2. Vega Kirana
3. Aphrodita Puspateja
4. Rakyan Paksi
5. Melisa Grace
· Bab III Rancangan Kegiatan
1. Mustovia Azahro
2. Arion Januar
3. Fransisca Situmorang
4. Ratika Tulus
· Bab IV Rencana Kerja
1. Mita Natalia
2. Ivandi Pratama
4.3.3. Perlengkapan Survey
4.3.3.1. Transportasi
· Mobil : Mita à Paksi, Mita, Aphrodita
· Motor :
- Paksi à Samsu, Icha
- Ratika` à Vega,Ratika
- Ovi à Arion, Ovi
- Bagas à Bagas, Inka
- Citong à Ivandi, Sisca
4.3.3.2. Peralatan Survey
1. Kamera = Ratika, Inka, Syamsu
2. Handycam = Aphrodita
3. P3K = Aphrodita
4. Form.Wawancara
5. Papan Jalan = Paksi, Mita, samsu
4.3.3.3. Perlengkapan individu
- Baju untuk 5 hari
- Jaket HM
- Pakaian rapi (baju kerah)
- Sepatu, sendal
- Alat sholat
- Alat mandi
- Senter
- Obat pribadi
- Obat nyamuk, autan dan sejenisnya
- Nametag
- Peralatan makan
- Camilan
4.3.3.4. Perlengkapan kelompok
- Rol kabel = Inka, Ovi
- Kertas A4 HVS = Inka
- Printer = Bagas
- Laptop = Aphrodita, Melisa,Inka, Mustovia, Arion
- Tikar = Paksi
- Galon Kosong = Aphrodita
- Pompa galon = Mita
- Hitter = Mita
- Mie instan 1 kardus = Ivandi
- Kopi = Inka
- Alat kantor = Ratika, Ovi
1.4. Etika Kelompok
Kode etik ini digunakan untuk mengikat dan mengatur setiap anggota kelompok dalam melaksanakan seluruh kegiatan studio proses perencanaan sehingga kegiatan tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. Kode etik Kelompok 4, yaitu:
1. Maksimal keterlambatan 15 menit setelah waktu pertemuan kelompok yang telah ditentukan (kecuali ada alasan yang jelas dan logis);
2. Dilarang absen dalam kerja kelompok tanpa izin yang jelas;
3. Dilarang meninggalkan/menelantarkan kelompok ketika kerja kelompok tanpa izin;
4. Dilarang mengerjakan tugas mata kuliah lain atau mengerjakan suatu hal yang tidak berhubungan dengan studio proses perencanaan;
5. Membayar uang kas kelompok sebesar Rp 5.000,- per orang tiap minggu;
6. Jika tidak hadir tanpa memberikan alasan yang jelas maka diberikan sanksi yaitu pembayaran sebesar Rp. 5.000,- ke bendahara kelompok;
7. Semua anggota wajib membayar kas kelompok tepat waktu;
8. Semua anggota wajib melaksanakan job desk yang telah dibagi;
9. Semua anggota wajib mematuhi kode etik kelompok 4;
10. Anggota yang melanggar kode etik akan mendapatkan konsekuensi sesuai kesepakatan kelompok.
1.5. Standar Kerja
Standar kerja diperlukan agar dalam pelaksanaan kegiatan lapangan lebih terstruktur dan fokus sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif dan afektif. Berikut merupakan standar kerja kelompok 4:
- Setiap mengadakan pertemuan rutin membahas dan mengerjakan tugas minimal 2 jam dan maksimal 8 jam;
- Pada pelaksanaan survei lapangan tiap kelompok kerja harus membawa peralatan dan kelengkapan survei seperti helm, kamera, form wawancara, alat tulis dan lain-lain;
- Pembatasan jam kerja dalam kegiatan lapangan adalah 8 jam untuk survei lapangan dan 2 jam untuk evaluasi hasil survei;
- Setiap anggota kelompok wajib kembali ke basecamp pada jam 5 sore;
- Setiap anggota kelompok wajib lapor pada ketua apabila akan meninggalkan basecamp dengan keterangan atau alasan yang jelas;
- Waktu istirahat baik survei maupun pertemuan rutin maksimal 1 jam;
- Dalam kegiatan evaluasi setiap anggota kelompok harus melaporkan hasil kegiatan survei dan mengisi checklist.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar